Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10504
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorChairunnisa, Putri-
dc.date.accessioned2020-11-11T08:27:07Z-
dc.date.available2020-11-11T08:27:07Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10504-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui validitas pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan metode Genius Learning pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel pada siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2108, (2) mengetahui efektifitas pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan metode Genius Learning pokok bahasan sistem persamaan linier dua variable pada siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku siswa, lembar kerja peserta didik (LKPD), media dan tes hasil belajar (THB) yang berorientasi pada pembelajaran metode Genius Learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan beracuan pada model Thiagarajan dimulai dengan menetapkan kebutuhan pembelajaran, yaitu telaah karakteristik siswa, konsep yang akan diajarkan, tugas belajar yang akan diberikan, dan tujuan pembelajaran. Proses pengembangan dilanjutkan dengan merancang prototipe (draf 1) perangkat pembelajaran yang dimulai dengan merancang alat evaluasi dan memilih media serta format pembelajaran. Proses pengembangan selanjutnya adalah validasi serta uji coba perangkat pembelajaran yang dilaksanakan di kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia. Berdasarkan hasil penelitian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya disebut draf 2 yang layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya disebut draf 3 (produk akhir). Hasil pengembangan yang diperoleh adalah perangkat pembelajaran matematika yang berorientasi pada metode Genius Learning pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kelas VIII, yang terdiri dari RPP, buku siswa, LKPD, media dan THB. Perangkat tersebut telah dikategorikan baik karena memenuhi tiga kriteria yaitu: a) valid, diperoleh dari hasil validasi perangkat pembelajaran (RPP, buku siswa, LKPD, media dan THB), karena koefisien validitasnya lebih dari 7, yaitu berturut-turut adalah 72; 95,3; 98,87; 94,6 dan 93,61. b) efektif, diperoleh dari hasil analisis: (1) tes hasil belajar siswa juga diperoleh bahwa lebih dari 78,1% siswa di kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia mencapai skor minimal (skor 70).en_US
dc.subjectMetode Genius Learningen_US
dc.subjectSistem Persamaan Linear Dua Variabelen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Metode Genius Learning Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Pada Siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf956.95 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.