Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10499
Title: :Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Talking Stick Pada Siswa SMP Tarbiyah Islamiyah T.P 2017/2018,
Authors: Sumiati
Keywords: Pengembangan RPP;LKPD, Bahan Ajar,;Media Pembelajaran,
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa rencana pelakasanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan peserta didik (LKPD), media pembelajaran, bahan ajar, dan tes hasil belajar pada materi persegi untuk siswa kelas VII dengan model pembelajaran talking stick . Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas produk ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model 4-D yang dimodifikasi. Modifikasi yang dilakukan adalah model hanya memuat tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Modisikasi 4-D menjadi 3-D dilakukan karena ruang lingkupnya terlalu luas dan keterbatasan kemampuan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A sebanyak 44 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian LKPD, RPP, Bahan Ajar, Media Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar untuk 2 dosen dan 3 guru untuk mengukur kevalidan LKPD, RPP, Bahan Ajar, Media Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar, angket respon untuk mengukur kepraktisan LKPD dan untuk mengukur kepraktisan RPP, serta tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan penggunaan RPP dan LKPD. Hasil penelitian ini adalah RPP berdasarkan pendekatan talking stick dan LKPD persegi untuk siswa kelas VII-A dengan model talking stick. (1) Berdasarkan hasil penilaian kevalidan RPP, diperoleh rata-rata skor keseluruhan sebesar 4,28 dengan kriteria ”Baik”. (2) Berdasarkan hasil penilaian kevalidan LKPD, diperoleh rata-rata skor keseluruhan 4,44 dengan kriteria “Baik”. Nilai untuk rata-rata total untuk RPP dan LKPD termasuk kategori valid. (3) Ketuntasan klasikal siswa menunjukkan pembelajaran pada materi Persegi dengan menggunakan model Talking Stick pada kelas VII-A SMP Tarbiyah Islamiyah sudah mencapai kriteria ketuntasan; (4) ketercapaian indikator sudah tercapai; (5) Respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran adalah positif; dapat disimpulkan bahwa penerapan perangkat pembelajaran menggunakan model Talking Stick yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria Keefektifan perangkat pembelajaran yang telah ditetapkan .
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10499
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripisi Full.pdf2.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.