Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10482
Title: Penerapan Metode Bamboo Dancing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018
Authors: Wahyuni, Sri
Keywords: Metode Pembelajaran,;Bamboo Dancing,;Hasil Belajar
Issue Date: 18-Jan-2018
Abstract: Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Bagaimana hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Lingkaran kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018 dengan menggunakan metode Bamboo Dancing?. (2) Untuk mengetahui Apakah penerapan metode Bamboo Dancing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Lingkaran kelas VIII-A Smp Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018?. Instrumen yang digunakan adalah tes. Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk uraian sebanyak 5 tes yaitu tes awal, tes siklus I, tes siklus II. Yang masing-masing terdiri dari 5 soal. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII-A di SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018 yang berjumlah 34 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Bamboo Dancing untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini dari 34 orang siswa pada siklus I 19 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 55,88% pada siklus I ini yang menjadi tujuan penelitian ini belum tercapai dan harus dilanjutkan pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu 30 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 88,23% pada siklus II ini yang menjadi tujuan penelitian ini sudah tercapai. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Bamboo Dancing pada pokok bahasan Lingkaran terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII-A di SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10482
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.