Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10472
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRahayu, Sri-
dc.date.accessioned2020-11-11T08:04:23Z-
dc.date.available2020-11-11T08:04:23Z-
dc.date.issued2018-03-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10472-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi “Lingkaran” dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 6 Medan T.P 2017/2018 (2) Bagaimana pemahaman konsep matematika pada materi ”Lingkaran” menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 6 Medan T.P 2017/2018. Tujuan dari penelitian (1) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi “Lingkaran” dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 6 Medan T.P 2017/2018 (2) Untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep matematika pada materi ”Lingkaran” menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 6 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 6 Medan yang berjumlah 35 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VIII-C SMP Ngeri 6 Medan T.P 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Pengamatan digunakan untuk memperoleh hasil observasi pemahaman konsep matematika dan tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep serta keterlaksanaan proses pembelajaran materi lingkaran menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis observasi, analisis ketuntasan belajar, dan analisis ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pemahaman konsep matematika model pembelajaran reciprocal teaching pada materi lingkaran siswa kelas VIII-C SMP Negeri 6 Medan T.P 2017/2018. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) pada tahap awal rata-rata 52,29 dengan persentase ketuntasan klasikalnya 5,7%. (2) Pada siklus I rata-rata observasi pemahaman konsep sebesar 71,29 dan persentase pemahaman konsep matematika siswa 40%, (3) Pada siklus II rata-rata observasi pemahaman konsep sebesar 88,29 dan persentase pemahaman konsep matematatika sebesar 88,6%.en_US
dc.subjectPemahaman konsep matematikaen_US
dc.subjectReciprocal Teachingen_US
dc.titleUpaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Siswa SMP Negeri 6 Medan T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cover.pdf1.83 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.