Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10468
Title: Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dikelas VII SMP Negeri 14 Binjai T.A 2017/2018
Authors: Sahara, Rafika
Keywords: Pemahaman konsep matematika,;Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada siswa SMP Negeri 14 Binjai T.A 2017/2018 dan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII-3 di SMP Negeri 14 Binjai T.A 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Lubuk Pakam yang berjumlah 36 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII-3 di SMP Negeri 14 Binjai T.A 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rata-rata kelas, analisis observasi, analisis ketuntasan belajar dan analisis ketuntasan klasikal. Adapun hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC kepada siswa SMP Negeri 14 Binjai T.A 2017/2018 pada materi Pecahan. Dari hasil Penelitian dapat dilihat peningkatan pemahaman konsep yaitu tingkat ketuntasan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada tes awal sebanyak 3 siswa (12,5%) yang tuntas sedangkan 21 siswa (87,5%) belum tuntas. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 10 siswa (41,8%) yang tuntas sedangkan 14 siswa (58,3%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II meningkat lagi 21 siswa (87,5%) yang tuntas sedangkan 3 siswa (12,5%) belum tuntas. Hal tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah mencapai indikator keberhasilan penelitian sebesar 85%. Sedangkan rata-rata hasil observasi tingkat pemahaman konsep siswa pada tes awal 2,2 kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi 2,6 kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 3,27 dalam kategori baik
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10468
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FULL123.pdf1.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.