Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10465
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSari, Sri Nurpita-
dc.date.accessioned2020-11-11T07:58:54Z-
dc.date.available2020-11-11T07:58:54Z-
dc.date.issued2017-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10465-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran, hal ini disebabkan guru belum menerapkan model Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan serta kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Model Treffinger efektif dalam pembelajaran matematika materi Lingkaran pada siswa SMP Swasta Alhikmah P. Banyak Tj. Pura ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan respon siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model Treffinger. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Al-hikmah P. Banyak Tj. Pura yang berjumlah 100 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII berjumlah 34 orang. Instrument yang digunakan adalah tes, observasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian persentase ketuntasan belajar siswa pada tes akhir (posttest) 84% berada pada kategori tuntas dan tingkat ketuntasan klasikal 88,23%. Persentase aktivitas siswa secara keseluruhan sebesar 81% berada dalam kategori Sangat aktif, dan persentase kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran secara keseluruhan sebesar 84% berada dalam kategori baik, serta respon siswa terhadap pembelajaran secara keseluruhan sebesar 85% berada dalam kategori positif. Berdasarkan deskripsi diatas, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan menggunakan model Treffinger pada pokok materi Lingkaran efektif pada siswa kelas VIII SMP Swasta Al-hikmah P. Banyak Tj. Pura T.P 2016/2017 ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran dan respon siswa.en_US
dc.subjectKeefektifan Belajar Matematika Siswa,en_US
dc.subjectModel Treffinger.en_US
dc.titleAnalisis keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Treffiger Pada Siswa SMP Swasta Al-hikmah P. Banyak Tj. Pura T.P 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.