Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10462
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDewi, Nursiah-
dc.date.accessioned2020-11-11T07:56:15Z-
dc.date.available2020-11-11T07:56:15Z-
dc.date.issued2018-09-12-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10462-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Teknik Membaca Accelerated Learning(Pemercepatan Belajar) terhadap kemampuan menulis resensi buku oleh siswa kelas IX SMP Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran 2018-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 80 siswa dan keseluruhannya dijadikan sampel penelitian. Kelas IX A sebagai kelas Eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis pendekatan kuantitatif. Intrumen penelitian ini menggunakan tes essai yang diberikan setelah akhir pembelajaran untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis resensi buku baik dengan diterapkannya teknik Accelerated Learning maupun tidak. Hasil analisis data kemampuan menulis resensi buku pada kelas kontrol tanpa menggunakan teknik belajar Accelerated Learning terhadap 40 siswadiperoleh prosentase keberhasilan hanya sebesar 22% dengan rincian 13 siswa dikategorikan mendapat nilai tingi pada rentang nilai 80-87.Sementara pada kelas eksperimen hasil analisis data kemampuan menulis resensi buku diperoleh setelah diterapkannya teknik pembelajaran Accelerated Learning terhadap 40 siswa diperoleh prosentase keberhasilan sebesar 70% dengan rincian sebanyak 30 siswa pada rentang nilai 80-94 yang dikategorikan tinggi. Artinya kemampuan siswa dalam menulis resensi buku pada tingkat sangatbaik yang disebabkan adanya keefektifan teknik belajar Accelerated Learning. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung sebesar 4,264. Selanutnya thitung ini dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 0,05 dengan df=78. Diperoleh harga ttabel=1,665, berarti thitung>ttabel yaitu 4,264>1,665. Dengan demikian hipotesis berbunyi terdapat efektifitas penggunaan teknik belajar Accelerated Learning (Pemercepatan Belajar) terhadap kemampuan menulis resensi buku oleh siswa kelas IX SMP Harapan Mekar Medan tahun pembelajaran 2018 – 2019.en_US
dc.subjectTeknik Membacaen_US
dc.subjectKemampuan Menulis Resensi Bukuen_US
dc.titleEfektifitas teknik membaca accelerated learning (pemercepatan belajar) terhadap kemampuan menulis resensi buku oleh siswa kelas IX SMP Harapan Mekar Medan tahun pembelajaran 2018 - 2019en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NURSIAH DEWI.pdf8.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.