Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10452
Title: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa SMK PAB 8 Sampali T.P 2017/2018
Authors: Hajriani, Sonia
Keywords: perangkat pembelajaran,;Education (RME), fungsi;model Realistic Mathematic
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, Bahan Ajar (Modul), Media Pembelajaran (PPT), dan Instrumen Penilaian dengan menggunakan model Realistic Mathematic Education (RME) pada materi fungsi untuk siswa kelas X. Penelitian juga bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas produk ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D yang kemudian dimodifikasi menjadi 3-D (Define, Design, Development). Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas X. Instrumen penelitian terdiri dari lembar penilaian validitas RPP, LKPD, Bahan Ajar (Modul), Media Pembelajaran (PPT), dan Instrumen Penilaian, lembar observasi aktivitas guru untuk mengukur kepraktisan perangkat, angket respon siswa dan tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan RPP, LKPD, Bahan Ajar (Modul), Media Pembelajaran (PPT), dan Instrumen Penilaian. Hasil penelitian berupa RPP, LKPD, Bahan Ajar (Modul), Media Pembelajaran (PPT), dan Instrumen Penilaian pada materi fungsi untuk kelas X. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) RPP yang dikembangkan “Valid” dengan rata-rata total sebesar 4,375 dari rata-rata maksimal 5.00; (2) Bahan Ajar yang dikembangkan “Valid” dengan rata-rata total sebesar 4,35 dari rata-rata maksimal 5.00; (3) LKPD yang dikembangkan “Valid” dengan rata-rata total sebesar 4,35 dari rata-rata maksimal 5.00 (4) Media Pembelajaran yang dikembangkan “Valid” dengan rata-rata total sebesar 4,4 dari rata-rata maksimal 5.00; (5) Instrumen Penilaian yang dikembangkan “Valid” dengan rata-rata total sebesar 4,375 dari rata-rata maksimal 5.00; (6) RPP, LKPD, Bahan Ajar (Modul), Media Pembelajaran (PPT), dan Instrumen Penilaian memenuhi kriteria praktis berdasarkan hasil lembar observasi aktivitas guru dengan persentase keaktifan guru sebesar 88,2% dengan kriteria “Sangat Baik”; dan (7) RPP, LKPD, Bahan Ajar (Modul), Media Pembelajaran (PPT), dan Instrumen Penilaian memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil tes hasil belajar siswa dengan persentase 74% siswa tuntas dan 26% siswa yang tidak tuntas dengan rata-rata keseluruhan siswa 77,77% dengan kategori “Tinggi”. Dan hasil angket respon siswa diperoleh persentase respon siswa sebesar 87,77% dengan kriteria “Sangat Baik
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10452
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf2.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.