Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10421
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDewi, Nanda Atika-
dc.date.accessioned2020-11-11T07:32:00Z-
dc.date.available2020-11-11T07:32:00Z-
dc.date.issued2018-03-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10421-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model open-ended problems untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematissiswa pada siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018. Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematis siswa meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model Open-Ended Problems Kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 56 Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018 yang terdiri dari 30 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Open-Ended Problems. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes dan observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data dan tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 9 siswa (30,00 %) yang tuntas serta 21 siswa (70,00 %) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 15 siswa (50,00 %) yang tuntas, pada siklus II meningkat lagi menjadi 20 siswa (66,67 %) yang tuntas dan pada siklus III meningkat menjadi 28 siswa (88,89 %) yang tuntas. Hasil observasi pengolaan kelas mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh rata-rata 1,71 kategori cukup baik, siklus II memperoleh rata-rata 2,6 kategori baik, dan pada siklus III memperoleh rata-rata sebesar 3,72 kategori sangat baik. Hal ini merupakan bahwa belajar dengan menggunakan model pembelajaran Open-Ended Problems pada siswa SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018 berhasil ditinjau dari ketuntasan belajar siswa dan aktivitas siswa. Berdasarkan data yang diperoleh maka didapat kesimpulannya yaitu model pembelajaran Open-Ended Problems dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018.en_US
dc.subjectKemampuan Koneksi Matematis Siswa,en_US
dc.subjectOpen-Ended Problems.en_US
dc.titlePenerapan Model Open-Ended Problems Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematissiswa pada Siswa SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf733.64 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.