Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1039
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWiranto, Riduansyah-
dc.date.accessioned2020-03-01T07:49:51Z-
dc.date.available2020-03-01T07:49:51Z-
dc.date.issued2019-09-25-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1039-
dc.description.abstractUntuk mengetahui pergerakan lalu lintas, pada ruas jalan dimungkinkan memiliki beberapa titik bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau diistilahkan sebagai gerakan Uturn. Kendaraan saat melakukan gerak u-turn pada bukaan median membutuhkan lebih banyak waktu, Kendaraan yang melewati ruas jalan ini mengalami kecepatan relative rendah sehingga memperburuk kondisi jalan, kendaraan akan melambat atau berhenti dan menimbulkan antrian kendaraan yang menyebabkan kemacetan lalu lintas. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisa Volume u-turn lalu lintas, mengetahui tingkat pelayanan pada jalan Tengku Amir Hamzah, waktu tempuh rata-rata kendaraan yang akan melakukan u-turn, dan panjang antrian saat melakukan u-turn. Untuk mendapatkan tujuan tersebut digunakan metodologi MKJI 1997. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa Volume u-turn lalu lintas adalah 416 knd/jam, Dengan tingkat pelayanan Jalan D waktu tempuh rata-rata kendaraan yang akan melakukan u-turn di jalan Tengku . Amir Hamzah adalah 12,4 detik dengan panjang antrian saat melakukan u-turn sebesar 22 meter.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Sumatera Utaraen_US
dc.subjectArus lalu lintasen_US
dc.subjectU-turnen_US
dc.subjectTransportasien_US
dc.titlePengaruh U-Turn ( Putar Balik Arah ) Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas Ruas Jalan Tengku Amir Hamzah Kota Medan (Studi Kasus)en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SP - 1507210145.pdfFulltext1.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.