Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10380
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNuriva, Siti Fatima-
dc.date.accessioned2020-11-11T07:13:26Z-
dc.date.available2020-11-11T07:13:26Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10380-
dc.description.abstractAdapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan perangkat pembelajaran matematika melalui pendekatan realistik siswa kelas VII semester genap pada pokok bahasan aritmetika sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik matematika siswa SMP Muhammadiyah 48 Medan yang valid dan efektif dan sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini melibatkan subjek yaitu siswa kelas VIISMP Muhammadiyah 48. Objek penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, dan Tes. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and Development / R & D) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektivan produk tersebut. Peneliti menggunakan model 4-D yang dimodifikasi. Modifikasi yang dilakukan adalah model hanya memuat tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develope). Modifikasi 4-D menjadi 3-D dilakukan karena ruang lingkupnya terlalu luas dan keterbatasan peneliti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII-B yang berjumlah 29 orang siswa. Hasil dari kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak. Berdasarkan ujicoba yang telah dilakukan, pembelajaran pada materi aritmetika sosial dengan menggunakan pendekatan realistik sudah mencapai kriteria ketuntasan, dan ketercapaian indikator sudah tercapai sebesar 83,6% untuk indikator pertama,76,7% untuk indikator kedua, 73,3% untuk indikator ketiga, 71,6% untuk indikator keempat dan 70,7% untuk indikator kelima. Dengan demikian perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan realistik yang telah dikembangkan sudah memenuhi kevalidan.en_US
dc.subjectRPPen_US
dc.subjectLKPDen_US
dc.subjectAritmetika Sosialen_US
dc.titlePengembangan RPP dan LKPD dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistik pada Siswa SMP Muhammadiyah 48 Medan TP.2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.