Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10363
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Khairiddha, Siti | - |
dc.date.accessioned | 2020-11-11T07:06:22Z | - |
dc.date.available | 2020-11-11T07:06:22Z | - |
dc.date.issued | 2018-03-20 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10363 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran berbasis Intuisi Bahasan Perbandingan Trigonometri pada segitiga siku-siku kelas X SMK. pembelajaran dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan produk Pembelajarn yang dikembangkan mengikuti model pengembangan 4D ( four-D Model) dikemukakan oleh Thiagarajan and Semmel pada tahun 1947 yang terdiri dari empat tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran).Namun, penelitian ini dilaksanakan sampai fase tes, evaluasi, dan revisi sehingga hasilnya berupa prototipe final dari pembelajaran yang siap diujicobakan lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Media pembelajaran merupakan media yang memperhatikan tingkat berpikir siswa dan membantu siswa dalam memecahkan masalah matematika. (2) Media pembelajaran dikembangkan melalui prosedur berikut, investigasi awal; desain; realisasi/konstruksi; tes, evaluasi, dan revisi. (3) bahan ajar adalah valid, praktis, dan efektif. (4) Pengembangan media pembelajaran meningkatkan prestasi dan motivasi belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pembelajaran matematika di Kelas X SMA khususnya bahasan Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga siku-siku menggunakan pembelajaran berbasis Intuisi pada Bahasan Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga siku-siku kelas X SMK. Selain itu, pembelajaran berupa bahan ajar yang berhasil dikembangkan dalam penelitian ini dapat dijadikan pedoman bagi praktisi dan guru, dalam mengembangkan pembelajaran sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang diterapkan, baik dari segi prosedur pengembangan maupun proses untuk mendapatkan kualitas media pembelajaran | en_US |
dc.subject | pembelajaran berbasis intuisi | en_US |
dc.title | Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Intuisi Pada Siswa SMK PAB 1 Helvetia T.P 2017/2018 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FULL SKRIPSI.pdf | 1.03 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.