Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10349
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSari, Rani Juwita-
dc.date.accessioned2020-11-11T06:57:29Z-
dc.date.available2020-11-11T06:57:29Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10349-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan di kelas VII SMP Tarbiyah Islamiyah T.P 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa VII SMP Tarbiyah Islamiyah 24 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan. Data didapat dengan menggunakan tes berbentuk soal cerita sebaganyak 5 soal. Untuk menelusuri kesalahan lebih dalam dan mencari penyebab terjadinya kesalahan, dilakukan wawancara mendalam dengan beberapa siswa yang melakukan kesalahan dalam menjawab soal. Analisis kesalahan ini memberikan kesimpulan bahwa kesalahan-kesalahan yang dialami siswa kelas VII SMP Tarbiyah Islamiyah dalam menyelesaikan soal cerita yaitu terletak pada: 1) kesalahan memahami soal, meliputi: kesalahan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, dan kesalahan membaca petunjuk soal sekitar (20,8%); 2) kesalahan memodelkan atau strategi meliputi: kesalahan konsep yang berkaitan, kesalahan memilih rumus dan operasi, kesalahan prinsip sekitar (20,8%); 3) kesalahan menyelesaikan model, yaitu kesalahan operasi dan kalkulasi matematika yang berkaitan sekitar (20,8%), dan; 4) kesalahan menarik kesimpulan secara kontekstual sekitar (20,8%). Peneliti menyimpulkan bahwa tingkat kesalahan yang dilakukan siswa SMP Tarbiyah Islamiyah dalam menyelesaiakn soal matematika dalam bentuk cerita materi pecahan masih tergolong rendah.en_US
dc.subjectKesalahanen_US
dc.subjectSoal ceritaen_US
dc.titleAnalilis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materei Pecahan di Kelas VII SMP Tarbiyah Islamiyah T.P 2017/12018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf2.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.