Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10332
Title: Pengaruh Model Bamboo Dancing terhadap Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Swasta PAB 3 Saentis T.P 2017/2018
Authors: Amelia, Rini
Keywords: Model Bamboo Dancing;Komunikasi matematika siswa
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Bamboo Dancing (Tari Bambu) terhadap komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Swasta PAB 3 Saentis T.P 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas dengan variabel bebas adalah model pembelajaran Bamboo Dancing dan variabel terikat adalah kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Swasta PAB 3 Saentis T.P 2017/2018 yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 283 orang dan dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah 2 kelas yang berjumlah 63 orang yakni VII-4 dan VII-8 yang diambil secara langsung. Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa setelah perlakuan, maka diberikan postes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan analisis data postes, pembahasan, dan penarikan kesimpulan. Rata-rata postes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 86,4523 dan 81,4584 dan simpangan baku kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah =7,9779 dan = 8,7562. Berdasarkan uji homogenitas dan normalitas, bahwa kedua sampel memenuhi kriteria uji homogenitas dan normalitas. Hasil analisis uji t diperoleh thitung (2,368) ttabel (1,99962) pada taraf signifikan ( ) 0,05. Artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berbunyi ada pengaruh model Bamboo Dancing terhadap komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Swasta PAB 3 Saentis T.P 2017/2018. Dengan demikian komunikasi matematika siswa pada kelas eksperimen menggunakan model Bamboo Dancing berbeda secara signifikan dengan komunikasi matematika siswa pada kelas kontrol menggunakan model konvensional.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10332
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf677.12 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.