Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10329
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSinaga, Ririn Ayu Novella-
dc.date.accessioned2020-11-11T06:40:28Z-
dc.date.available2020-11-11T06:40:28Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10329-
dc.description.abstractAlat peraga adalah suatu benda konkret yang dapat membantu siswa pada umumnya dalam memahami setiap pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan bersama kepala sekolah dan guru kelas VIII di MTs Negeri 2 Medan menyatakan, bahwa mengalami keterbatasaan dalam menyediakan alat peraga untuk membantu siswa yang mengalami lambat belajar pada kelas VIII dalam memahami konsep dasar relasi dan fungsi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan alat peraga papan relasi dan fungsi untuk siswa dengan kualitas baik. Pengembangan alat peraga papan relasi dan fungsi dilakukan melalui model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas alat peraga yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP, Bahan Ajar, Media dan Tes untuk mengukur kevalidan. Pada tahap pengembangan ini telah dihasilkan alat peraga berbasis model pembelajaran tipe examples non examples pada materi relasi dan fungsi untuk siswa kelas VIII MTs. Kualitas kevalidan alat peraga memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,5 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik, skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 4,4 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik, skor rata-rata Media yaitu 4,3 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik dan Skor rata-rata Tes yaitu 4,6 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan alat peraga memenuhi kriteria Tuntas berdasarkan skor rata-rata ujicoba tes. Secara klasikal pada hasil ujicoba alat peraga papan relasi dan fungsi sudah memenuhi kriteria pencapaian ketuntasan.en_US
dc.subjectAlat Peraga, Model Pembelajaran Tipe Examples Non examplesen_US
dc.titlePengembangan Alat Peraga Berbasis Model Examples Non Examples di Kelas VIII MTs Negeri 2 Medan T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.