Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10327
Title: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 06 Medan T.P 2017/2018
Authors: Hutabarat, Riris Apriana Kartika
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif;Pemahaman konsep, Matematika
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op pada siswa SMP Muhammadiyah 06 Medan T.P 2017/2018 dan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII-1 di SMP Muhammadiyah 06 Medan T.P 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP PAB 2 Medan yang berjumlah 42 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-1 SMP Muhammadiyah 06 Medan T.P 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rata-rata kelas, analisis observasi, analisis ketuntasan belajar dan analisis ketuntasan klasikal. Adapun hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op kepada siswa SMP Muhammadiyah 06 Medan T.P 2017/2018 pada materi Teorema. Dari hasil Penelitian dapat dilihat peningkatan pemahaman konsep yaitu tingkat ketuntasan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Coop Co-op pada tes awal sebanyak 9% siswa (21%) yang tuntas sedangkan 33 siswa (79%) belum tuntas. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 19 siswa (45%) yang tuntas sedangkan 23 siswa (55%) belum tuntas. Kemudian pada siklus II meningkat lagi 36 siswa(86%) yang tuntas sedangkan 6 siswa (14%) belum tuntas. Hal tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah mencapai indikator keberhasilan penelitian sebesar 75%. Sedangkan rata-rata hasil observasi tingkat pemahaman konsep siswa pada tes awal 2,22 kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi 2,51 kategori cukup, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 3,22 dalam kategori baik. \
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10327
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf682.19 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.