Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10324
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika Sswa SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P 2017/2018
Authors: Agustina, Risami Ade
Keywords: Example Non Example;Hasil Belajar
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran Example Non Example lebih baik dari hasil belajar matematika siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran Example Non Example lebih baik dari hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan rangcangan penelitian One Group Pretest - Posttest Design. penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 05 Medan, pada kels VII. Sampel yang digunakan adalah 30 siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas VII-B sebagai kelompok kontrol. Instrument penelitian yang digunakan sebagai tes hasil belajar matematika adalah 10 soal esay. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji –t untuk menguj hipotesis yang diajukan. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan ternyata diperoleh thitung sebesar 5,17 kemudian dikonsultasikan dengan taraf signifikan sebesar 0,05 dan derajat kebebasan 58 diperoleh nilai ttabel sebesar 1,67 karena thitung>ttabel maka Ho diterima, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran Example Non Example dengan kelas yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hasil belajar menggunakan model pembelajaran Exaple Non Example lebih baik dibanding model pembelajaran konvensional
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10324
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf939.04 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.