Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10322
Title: Pengaruh Berfikir Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Penalaran Analogi Matematik Siswa SMP Muhammadiyah 9 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018
Authors: Andriani, Riska
Keywords: Hasil Belajar Matematika
Issue Date: 13-Apr-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; (1) kemampuan penalaran analogi matematik siswa yang diajarkan dengan berfikir Metaphorical Thinking dan (2) perbandingan antara kemampuan penalaran analogi matematik siswa yang diajarkan dengan berfikir Metaphorical Thinking dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 8 Medan pada kelas VII A dan VII C tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperimental dengan rancangan penelitian randomized post-test only control group design. Subjek penelitian ini adalah 46 siswa yang terdiri dari 24 siswa untuk kelas eksperimen dan 22 siswa untuk kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling pada siswa kelas VII. Pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan penalaran analogi matematik siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan penalaran analogi matematik siswa yang diajar dengan berfikir Metaphorical Thinking lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes kemampuan penalaran analogi matematik siswa yang diajar dengan pendekatan Metaphorical Thinking sebesar 61,50 dan nilai rata-rata hasil tes penalaran analogi matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 45,59 (thitung = 3,18 dan ttabel = 1,68). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan menggunakan berfikir Metaphorical Thinking berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan penalaran analogi matematik siswa dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10322
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf566.45 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.