Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10316
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIsmaunnah-
dc.date.accessioned2020-11-11T06:25:26Z-
dc.date.available2020-11-11T06:25:26Z-
dc.date.issued2020-10-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10316-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan civic disposition siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan menggunakan Model Pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan II siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu oleh Guru Pengajar PPKn SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode pengumpulan data penelitian meliputi: Observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Metode pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan telah berhasil meningkatkan civic disposition atau karakter siswa kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Peningkatan belajar tersebut dicapai dua siklus. Terbukti dari hasil pretes dimana siswa yang tuntas belajar hanya 11 orang (35,48%) dari jumlah siswa 31 orang dan setelah dilakukan postes pada siklus I, maka jumlah ketuntasan belajar meningkat 26 orang (83,87%), pada siklus II jumlah ketuntasan belajar juga meningkat kembali yaitu 29 orang (93,54%) dan yang tidak tuntas hanya 2 orang (6,45%). Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai.Sedangkan hasil observasi karakter (civic disposition) siswa selama metode problem based learning pada siklus I kurang mencapai standar minimal yang di harapkan yaitu 75%. Ketuntasan aktivitas pada karakter civic disposition pada siklus I untuk kriteria tidak bai, 7 orang 22,58% untuk kriteria cukup, 11 orang 35,48% untuk kriteria baik, 9 orang 29,03% dan untuk kriteria sangat baik, 4 orang 12,90%. Sementara pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 2 orang 6,45% untuk kriteria tidak baik, 3 orang 9,67% untuk kriteria cukup, 20 orang 64,51% untuk kriteria baik dan, 6 orang 19,35% untuk kriteria sangat baik. Maka dengan hal ini metode pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan civic disposition siswa khususnya pada mata pelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuanen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Based Learningen_US
dc.subjectCivic Disposition (karakter) Siswaen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatan Civic Disposition Pada Mata Pelajaran Ppkn Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ISMAUNNAH.pdf2.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.