Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10312
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNasution, Rizka Khairliza-
dc.date.accessioned2020-11-11T06:19:15Z-
dc.date.available2020-11-11T06:19:15Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10312-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah faktor motivasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018.(2) Apakah faktor minat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) Berapa besar kontribusi dari faktor motivasi dan faktor minat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan dari penelitian (1) untuk mengetahui apakah faktor motivasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) untuk mengetahui apakah faktor minat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) untuk mengetahui besar kontribusi dari faktor motivasi dan faktor minat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 orang. Dari hasil penelitian uji regresi berganda, dapat diketahui bahwa faktor motivasi dan faktor minat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari hasil uji F diperoleh F hitung (regresi) = 5,959, sedangkan F tabel untuk dk 2:21 untuk taraf signifikan 5% = 3,47. Ini berarti harga F hitung > F tabel yaitu 5,959 > 3,47 , maka hipotesis H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima. Sehingga diperoleh persamaan regresi linear bergandanya adalah : = 50,909 + 0,596 X1 + 0,688 X2. Berdasarkan hasil uji hipotesis untuk kedua variabel bebas dan satu variabel terikat pada taraf signifikan Yˆ ,0 05 dengan dk = 21 diperoleh ttabel = 2,0796 dan thitung = 3,5361 maka thitung > ttabel yaitu 3,5361> 2,0796 ,sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi dan minat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2017/2018 ”.en_US
dc.subjectFaktor Motivasien_US
dc.subjectFaktor Minaten_US
dc.titleAnalisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Make A Match Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi perpus Rizka.pdf5.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.