Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10309
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSimamora, Rizka Suryani-
dc.date.accessioned2020-11-11T06:15:34Z-
dc.date.available2020-11-11T06:15:34Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10309-
dc.description.abstractPeneliti bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi dan pemahaman matematika siswa kelas VIII SMP Swasta Baitul Aziz dengan menggunakan model pembelajaran knisley T.P 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk uraian sebanyak 4 kali tes yang masing-masing terdiri dari 5 soal, 8 soal tes kemampuan komunikasi untuk siklus I dan II dan 10 soal tes pemahaman matematika siswa untuk siklus I dan II. Sementara observasi dilaksanakan untuk mengetahui keberlangsungan model pembelajaran knisley. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Baitul Aziz yang berjumlah 19 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran knisley pada pembelajaran bidang studi matematika di SMP Swasta Bailtul Aziz. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran knisley dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemahaman matematika siswa pada pokok bahasan dalil phytagoras. Nilai rata-rata kemampuan komunikasi siswa pada tes awal adalah 30,00 untuk tes kemampuan komunikasi matematika dan 29,00 untuk tes pemahaman matematika. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran knisley, nilai rata-rata kemampuan komunikasi siswa pada siklus I sebesar 32,05 (cukup baik) meningkat menjadi 37,79 (baik) pada siklus II. Sedangkan rata-rata pemahaman matematika siswa pada siklus I sebesar 32,21 (cukup tinggi) meningkat menjadi 38,42 (tinggi) pada siklus II. Selanjutnya hasil rata-rata observasi kegiatan siswa siklus I adalah 8,825 (kurang aktif) dan meningkat pada siklus II menjadi 12,67 (aktif). Jadi dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran knisley pada pokok bahasan dalil phytagoras dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemahaman matematika siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Baitul Aziz T.P 2017/2018.en_US
dc.subjectKnisleyen_US
dc.subjectKomunikasi Matematikaen_US
dc.titleMeningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Matematika Siswa Kelas VIII SMP Swasta Baitul Aziz dengan Menggunakan Model Pembelajaran Knisley T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf724.41 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.