Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10289
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSutopo, Muhammad Chandra-
dc.date.accessioned2020-11-11T05:54:54Z-
dc.date.available2020-11-11T05:54:54Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10289-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa perangkat pembelajaran matematika dengan Pendekatan Resource based Learning untuk model pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah ahli, guru, dan siswa kelas IX-A SMP Negeri 42 Medan. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar validasi, lembar keterlaksanaan, angket, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: bahan ajar, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, Lembar Kerja Peserta Didik, dan Media. Kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari tiga aspek, yaitu validitas, kepraktisan, dan keefektivan. Validitas perangkat pembelajaran didasarkan atas pendapat validator, kepraktisan didasarkan atas keterlaksanaan, respons guru dan siswa, dan keefektivan didasarkan atas hasil belajar matematika siswa. Dalam penelitian ini, tahapan yang dilakukan hanya sampai menghasilkan produk final dan tidak dilakukan implementasi secara luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika ini telah valid, praktis, dan efektif yang memiliki karakteristik sebagai berikut. Buku siswa memiliki karakteristik: (1) berorientasi pada masalah matematika realistik, (2) disusun secara sistematis, (3) melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika, dan (4) menghantarkan siswa pada penemuan kembali konsep-konsep matematika. Buku petunjuk guru memiliki karakteristik: (1) memberikan gambaran mangenai keruntutan materi, (2) memberikan gambaran mengenai kegiatan pembelajaran, dan (3) dilengkapi dengan penyelesaian tugas/latihan dan tidak lanjut. Rencana pelaksanaan pembelajaran memiliki karakteristik: (1) disusun sesuai dengan tahapan pembelajaran dari model pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dan (2) mengembangkan kemampuan berpikir matematis siswaen_US
dc.subjectpengembangan pembelajaran matematika, perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Resource Based Learning.en_US
dc.titlePengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Resources Based Learning pada Siswa SMP Negeri 42 Medan T.P 2017/2018.en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI M.CHANDRA SUTOPO.pdf15.52 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.