Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10280
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLubis, Muammar Azmi-
dc.date.accessioned2020-11-11T05:46:08Z-
dc.date.available2020-11-11T05:46:08Z-
dc.date.issued2018-02-19-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10280-
dc.description.abstractAnalisis adalah proses merangkum sejumlah besar data yang masih mentah menjadi informasi yang dapat di interpretasikan. Teorema phytagoras merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa kelas VIII MTs Ummar Bin-Khattab sesuai dengan pedoman pendidikan yang ada di Indonesia. Namun pada kenyataannya, banyak siswa yang kesulitan memahami materi teorema phytagoras. Mereka masih cenderung menghafal dalam penguasaan materi tanpa memahaminya. Mengingat hal tersebut penulis melakukan penelitian dengan judul “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Soal-Soal Teorema Phytagoras Pada Siswa Kelas VIII MTs Ummar Bin-Khattab T.P 2017/2018”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa di kelas VIII. Mencari tau kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VIII pada materi teorema phytagoras, dan penyebab kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal phytagoras. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 38 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis dan wawancara. Hasil wawancara adalah : (1) materi yang sulit dipahami; (2) pemahaman konsep phytagoras yang tergolong rendah; (3) kemampuan siswa yang masih rendah; (4) kurangnya pengerjaan latihan soal materi phytagoras; (5) kurang luasnya wawasan berupa contoh-contoh soal phytagoras yang masih minim diajarkan; (6) metode penyampaian materi yang belum sesuai. Berdasarkan analisis data yang dilakukan disimpulkan penyebab yang dialami oleh siswa antara lain karena : (1) siswa hanya mengandalkan hafalan konsep; (2) siswa lemah terhadap pemahaman dan terbatasnya pengetahuan terhadap phytagoras; (3) minimnya pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap maksud dari soalen_US
dc.subjectAnalisis Kesulitan Siswaen_US
dc.subjectTeorema Phytagorasen_US
dc.titleAnalisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Soal-Soal Teorema Phytagoras Pada Siswa Kelas VIII MTs Ummar Bin-Khattab Tahun 2018.en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MUAMMAR AZMI LUBIS.pdf1.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.