Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10264
Title: Penerapan Pendekatan Scientific Pada Materi Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 2 Labuhan Deli T.P 2017/2018.
Authors: Maharani
Keywords: Pendekatan scientific;Hasil belajar, dan minat.
Issue Date: 18-Jan-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sejauh mana manfaat penerapan pendekatan scientific terhadap minat belajar siswa pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 2 Labuhan Deli Tahun Pelajaran 2017 /2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan pendekatan scientific dan pendekatan kualitatif digunakan untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap pembelajaran pendekatan scientific. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksperimen dengan design one shot case study, yaitu sebuah eksperimen yang digunakan tanpa adanya kelompok pembanding dan juga tanpa tes awal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Labuhan Deli yang berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data minat belajar adalah angket minat belajar, sedangkan instrument yang digunakan unutk mengumpulkan data hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) secara umum tes hasil belajar siswa maksimal, dari 24 siswa yang mengikuti pembelajaran dari awal sampai akhir pada setiap pembelajaran dan mengikuti tes akhir hanya 6 siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal ( Nilai KKM = 70), sedangkan 18 siswa mencapai KKM. (2) minat belajar siswa secara keseluruhan termasuk dalam kategori minat belajar tinggi.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10264
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.