Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10260
Title: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Anchored Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada siswa SMP Muhhamdiyah 05 Medan T.P 2017/2018
Authors: Hutasuhut, Lydia Astarina
Keywords: Pemecahan Masalah;Model pembelajaran Anchored Instruction
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran Anchored Instruction lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P 2017/2018 ? (2) Berapa besar pengaruh model pembelajaran Anchored Instruction terhadap pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan T/P 2017/2018 ? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran Anchored Instruction lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan T/P 2017/2018 ? (2) Berapa besar pengaruh model pembelajaran Anchored Instruction terhadap pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan T/P 2017/2018 ? Objek penelitin ini adalah pengaruh penggunaan model pembelajaran Anchored Instruction pada materi segitiga dan segiempat T.P 2017/2018. Tehnik dan alat pengumpulan data pada observasi ini adalah tes pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Anchored Instruction Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Pada SMP Muhhamdiyah 05 Medan T.P 2017/2018. Dari analisis data yang diperoleh yaitu hasil penelitian dengan tes pemecahan masalah belajar matematika dengan rata-rat kelas eksperimen 89,878 dan simpangan baku 7,706. Dari hasil analisis ternyata hasil lembar berdistribusi normal Lhitung > Ltabel (0,788 > 0,154). Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Anchored Instruction dengan uji t yang dilakukan menggunakan taraf signifikan 0,05 yaitu thitung > ttabel (12,451 > 1,997). Diperoleh uji determinasi sebesar 5,15% sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan sebesar 5,15% terhadap pemecahan masalah matematika dari hasil tes sedangkan 94,85% sisanya dipengaruhi oleh variabel yang diteliti.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10260
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf687.38 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.