Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10257
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorZelfira, Ruri-
dc.date.accessioned2020-11-11T05:10:21Z-
dc.date.available2020-11-11T05:10:21Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10257-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui validitas, respons siswa dan keefektifan perangkat pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan metode Problem Based Learning materi himpunan pada siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seorang dosen ahli, Guru Matematika, dan siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia. pengembangan RPP dan LKPD Berbasis Problem Based Learning Materi Himpunan kelas VII SMP PAB 2 Helvetia T.P. 2017/2018. Model pengembangan RPP dan LKPD yang akan digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model 4-D meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Pesera Didik (LKPD) yang telah dibuat memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator yang ditunjuk dengan menggunakan lembar validasi ahli. Hasil validasi RPP mencapai rata-rata 61,3 mempunyai kriteria sangat baik. Dan hasil validasi LKPD mencapai rata-rata 44,3 mempunyai kriteria sangat baik. Aspek kepraktisan berdasarkan hasil penelitian siswa memenuhi kriteria baik sedangkan Aspek kepraktisan berdasarkan hasil penelitian guru memenuhi kriteria sangat baik. Sementara itu, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Pesera Didik (LKPD) memenuhi keriteria keefektifan ditunjuk dengan adanya hasil belajar siswa yang berupa tercapainya keriteria ketuntasan belajar siswa. Untuk mengukur keefektifan RPP dan LKPD yang dikembangkan digunakan Tes Hasil Belajar yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Tes hasil belajar dilakukan setelah siswa belajar menggunakan produk yang dikembangkan. Tes tertulis ini terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 3 soal uraian. Dari hasil Analisis THB diketahui presentase ketuntasan klasikal kelas VII-1 SMP PAB 2 Helvetia sebesar 81,25%. Berdasarkan hasil tersebut ketuntasan belajar mencapai kriteria baik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan RPP dan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Himpunan untuk siswa SMP kelas VII layak untuk digunakan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.en_US
dc.subjectRPPen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.titlePengembangan RPP dan LKPD Berbasis Problem Based Learning Materi Himpunn Kelas VII SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf3.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.