Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10242
Title: Pengembangan Modul Reciprocal Teaching Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 20172018,
Authors: Mutiara, Ladyvia
Keywords: Pengembangan modul,;Model pembelajaran Reciprocal Teaching;Matematika
Issue Date: 19-Mar-2018
Publisher: Pengembangan Modul Reciprocal Teaching Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK N 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 20172018,
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul reciprocal teaching terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X RPL-1 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2017-2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X RPL-1 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Instrument penilaian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan Modul untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan berpikir visual, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor ratarata RPP yaitu 3,8 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik, skor rata-rata Modul yaitu 4,1 dariskor rata-rata maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik dan skor rata-rata Tes Prestasi Belajar yaitu 4,1 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik; perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: a) ketuntasan belajar secara klasikal telah melebihi batas minimal dan mengalami peningkatan yaitu pada uji coba lapangan sebesar 90,91% dan yang tidak tuntas 9,08%, b) respon siswa positif dilihat dari skor ratarata angket respon siswa 85,1% dari skor rata-rata maksimal 100%, c) waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa yaitu waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba lapangan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10242
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf355.51 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.