Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10231
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAudia, Dita-
dc.date.accessioned2020-11-11T04:39:44Z-
dc.date.available2020-11-11T04:39:44Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10231-
dc.description.abstractPokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perbedaan kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan tipe TPS (Think Pair Share). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Medan tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Contol Group Design. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa terdiri dari 30 siswa kelompok eksperimen I dan 30 siswa kelompok eksperimen II. Teknik pengumpulan data kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa menggunakan instrumen tes berupa pretest dan posttest dan instrumen angket disposisi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 diterima. Hasil pengujian uji t diperoleh thitung < ttabel yaitu Thitung 0.445 < Ttabel 1.70329, pada taraf α = 0.05 dan nilai sig 0.658 > 0.05 yang berarti bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe TPS pada materi Pola Bilangan di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan. Hal itu juga terbukti dari nilai rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperimen I sebesar 88.83 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen II sebesar 87.67. Yang disimpulkan bahwa kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa kelas eksperimen I lebih tinggi daripada kelas eksperimen II. Tetapi dengan selisih yang hanya sedikit tidak menutup kenyataan bahwa secara statistik dapat diasumsikan bahwa kedua kelompok tersebut memiliki rata-rata tingkat kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa yang sama.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe STADen_US
dc.titlePerbandingan Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe TPS Pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P. 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DITA AUDIA.pdf3.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.