Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10228
Title: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Kemampuan Belajar Pada Siswa SMP Muhammadiyah 7 Medan T.P 2014/2015.
Authors: Harahap, Khairun Nisa
Keywords: Model Pembelajaran Ekspositori
Issue Date: 18-Mar-2016
Abstract: Metode pembelajaran ekspositori adalah metode pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seseorang guru kepada kelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat meenguasai materi pelajaran secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan belajar matematika materi Kesebangunan di kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Medan T.P 2014/2015, serta untuk mengetahui berapa persen pengaruh penerapan model ekspositori terhadap kemampuan belajar matematika materi Kesebangunan di kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Medan T.P 2014/2015 Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Medan T.P 2014/2015 yaitu sebanyak 90 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Sehingga sampel pada penilitan ini adalah keals IX-3 SMP Muhammadiyah 7 T.P 2014/2015 yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik penugmpula data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket (kuesioner) sedangkan untuk variable Y dilakukan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik statistic yaitu korelasi produk moment dari Karl Pearsonm uji-t dan koefisien determinasi. Adapun yang menjadi hasil dari penelitian yaitu model Pembelajaran eksposotori di kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Medan T.P 2014/2015 rata-rata 79,63 dan standar deviasi sebesar 12,78. Tingkat kemampuan belajar matematika siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Medan diperoleh rata-rata 72,03dan standar deviasinya sebesar 7,93. Pengaruh model pembelajaran ekspositori siswa SMP Muhammadiyah 7 MEDAN mempunyai hubungan yang berarti dan signifikan dengan kemampuan belajar matematika, artinya makin tinggi penggunaan model pembelajaran ekspositori makin tinggi pula kemampuan belajar matematika. Model pembelajaran ekspositori berpengaruh pada kemampuan belajar matemktika siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10228
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf682.01 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.