Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10225
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNisa, Khairun-
dc.date.accessioned2020-11-11T04:32:58Z-
dc.date.available2020-11-11T04:32:58Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10225-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana keaktifan belajar matematika menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P.2017/2018 ?. (2) Apakah belajar menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dapat meningkatkan keaktifan belajar pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P.2017/2018?. Peneliti ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana keaktifan belajar matematika menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P.2017/2018. (2) Untuk mengetahui apakah belajar menggunakan model Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dapat meningkatkan keaktifan belajar pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P.2017/2018. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P.2017/2018. Dengan jumlah siswa 26 orangyang terdiri dari 17 orang siswa Laki-laki dan 9 orang siswa Perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data peningkatan siswa yang diperoleh dilapangan ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Setelah data dianalisis diperoleh beberapa temuan yaitu tes awal menunjukan bahwa ketuntasan siswa mencapai 15.38% (4 siswa), siklus I mencapai 65.38% (17 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 50%, serta siklus II mencapai 88.46% (23 siswa) dan terjadi peningkatan sebesar 73.08%. Dengan demikian pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal terpenuhi karena ≥ 75%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dapat meningkatkan keaktifan belajar pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P.2017/2018.en_US
dc.subjectKeaktifan Belajar,en_US
dc.subjectModel pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI)en_US
dc.titlePenerapan Model Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 57 Modern T.P 2017/2018.en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi burn.pdf1.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.