Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10222
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Lestari, Dwi Ayu | - |
dc.date.accessioned | 2020-11-11T04:31:36Z | - |
dc.date.available | 2020-11-11T04:31:36Z | - |
dc.date.issued | 2018-03-20 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10222 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Teori Belajar Bruner dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan bagaimana penerapan Teori Belajar Bruner dalam upaya meningkatkan matematika siswa pada materi pecahan di kelas VII di SMP Negeri 29 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk uraian sebanyak 3 tes yang terdiri dari 4 butir soal untuk tes awal, 3 butir soal untuk tes kemampuan pemecahan masalah siklus I dan 3 butir soal untuk tes kemampuan pemecahan masalah siklus II. Sementara observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 SMP Negeri 29 Medan tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan pecahan serta upaya meningkatkannya melalui penerapan Teori Belajar Bruner di Kelas VII-5 SMP Negeri 29 Medan pada materi pecahan Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah yaitu tingkat penguasaan dengan menggunakan Teori Belajar Bruner pada tes awal hanya 7 siswa (20%) yang tuntas sedangkan 28 siswa (80%) belum tuntas. Pada tes kemampuan pemecahan masalah siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 13 siswa (37,1%) sedangkan 22 siswa (62,9%) belum tuntas. Kemudian pada tes kemampuan pemecahan masalah II meningkat lagi menjadi 33 siswa (94,2%) yang tuntas sedangkan 2 siswa (5,71%) belum tuntas. Hal tersebut berarti bahwa penelitian ini berhasil, karena telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu sebesar 80%. Sedangkan rata-rata tingkat aktivitas siswa pada siklus I hanya 2,5 dalam kategori kurang, pada siklus II meningkat menjadi 3,6 dalam kategori baik. | en_US |
dc.subject | Penerapan | en_US |
dc.subject | Teori Belajar Bruner | en_US |
dc.title | Penerapan Teori Belajar dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Di Kelas VII Di SMP Negeri 29 Medan T.P 2017/2018 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
5. SKRIPSI_Dwi Ayu Lestari_1402030109_Penerapan Teori Belajar Bruner dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah~1.pdf | 4.5 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.