Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10218
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKartika, Dwi-
dc.date.accessioned2020-11-11T04:25:45Z-
dc.date.available2020-11-11T04:25:45Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10218-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada SMA Ar-Rahman Medan T.P 2017/2018 dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada SMA ArRahman Medan T.P 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Ar-Rahman Medan T.P 2017/2018 yang terdiri dari 27 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada SMA Ar-Rahman Medan T.P 2017/2018 pada pokok bahasan persamaan kuadrat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan lembar observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data dan tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan grafik. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 10 siswa (37%) dan yang tuntas serta 17 siswa (63%) yang btidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa (51,9%) yang tuntas, sedangkan 13 orang (48,1) tidak tuntas, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 23 siswa (85,2%) yang tuntas, sedangkan 4 siswa (14,8%) belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil observasi pengelolaan kelas mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh 12,6 dan siklus II memperoleh skor 17,7 dan hasil observasi aktivitas siswa yang dilakukan peneliti menunjukkan hasil rata-rata pada siklus I sebesar 2,1 dan pada siklus II sebesar 2,95 hal ini merupakan bahwa belajar dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada siswa SMA Ar-Rahman Medan T.P 2017/2018 berhasil ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran.en_US
dc.subjectAptitude Treatment Interaction (ATI)en_US
dc.subjectHasil belajaren_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Ar-Rahman Medan T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf929.37 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.