Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10206
Title: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) Materi Pokok Trigonometri untuk Siswa/i SMA T.P 2019/2020
Authors: Wulandari, Ifroh
Keywords: Trigonometri;Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD);Perangkat Pembelajaran
Issue Date: 1-Oct-2019
Abstract: Trigonometri merupakan materi dalam pembelajaran matematika yang mempunyai ke abstrakan yang tinggi sehingga menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahaminya. Sehingga dibutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat mempermudah peserta didik dalam mempelajari Trigonometri salah satunya melalui LKPD. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan konsep matematika yang terdapat pada LKPD dan mengetahui apakah LKPD layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi Trigonometri. Jenis penelitian ini adalah Researc and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D dengan tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate). Karena keterbatasan waktu, penelitian melakukan hingga tahap pengembangan (develop). Hasil peneliti ini berupa perangkat pembelajaran LKPD pada materi Trigonometri untuk peserta didik SMA Negeri 5 Tanjungbalai kelas XI- MIA 1. Karakteristik LKPD yang dikembangkan adalah : (1) berbentuk media cetak, (2) dikembangkan menggunakan kalimat yang sederhana dan desain yang menarik, (3) mengutamakan keterlibatan peserta didik berdasarkan kegiatan peserta didik yang dirancang dalam LKPD, (4) menyajikan masalah-masalah konstektual yang berhubungan dengan materi Trigonometri yang berhubungan dengan LKPD. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan peneliti memenuhi karakteria layak atas dasar skor penelitian RPP, LKPD, dan Perangkat Penilaian oleh satu dosen ahli dan dua guru matematika berturut-turut adalah 3,83; 3,57; 3,69 pada skala 5. Tes hasil belajar menunjukkan persentase ketuntasan peserta didik sebesar 87,87% termasuk dalam kriteria “sangat tinggi” yaitu berada pada kisaran 85%- 100%.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10206
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_ IFROH WULANDARI.pdf5.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.