Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10201
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSiregar, Dwina Purnamasari-
dc.date.accessioned2020-11-11T04:10:28Z-
dc.date.available2020-11-11T04:10:28Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10201-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman di SMP Muhammadiyah Medan 02 T.P 2017/2018 berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara . Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 02 Medan yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika terkait materi persegi panjang dan persegi berdasarkan prosedur Newman adalah: (a) persentase kesalahan membaca yang dilakukan siswa sebesar 13.5%, (b) persentase kesalahan memahami sebesar 44.8%, (c) persentase kesalahan transformasi sebesar 57.3%, (d) persentase kesalahan keterampilan proses sebesar 56.3%, dan (e) persentase kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 79.2%. Persentase kesalahan total siswa adalah 50.2%. Adapun penyebab kesalahan siswa meliputi tergesa-gesa dalam membaca soal serta kurangnya pengetahuan tentang simbolsimbol yang terdapat dalam soal-soal matematika, tidak memiliki kemampuan menuliskan hal yang diketahui dan hal yang ditanyakan dalam soal dengan benar, tidak menguasai materi persegi panjang dan persegi, kurang berlatih mengerjakan soal-soal latihan terkait materi persegi panjang dan persegi, tidak paham dengan rumus yang seharusnya digunakan, tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan, asal-asalan mengerjakan soal, akibat dari kesalahan sebelumnya, ketidakmampuan penentuan satuan, tidak terbiasa menuliskan kesimpulan , terburu-buru dalam mengerjakan proses penyelesaian.en_US
dc.subjectAnalisis kesalahanen_US
dc.subjectProsedur Newmanen_US
dc.titleAnalisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Prosedur Newman di SMP Muhammadiyah 02 Medan T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DWINA PURNAMASARI SIREGAR.pdf2.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.