Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10200
Title: Penerapan Model Pembelajaran CORE Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP N 24 Medan T.P 2017/2018.
Authors: Harahap, Khadijah
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah;CORE
Issue Date: 19-Jan-2018
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran CORE dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-C SMP N 24 Medan T.P. 2017/2018. Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah penerapam model pembelajaran CORE dapat meningkatkan kemampuan pemechan masalah matematika siswa kelas VIII-C SMP N 24 Medan T.P. 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP N 24 Medan T.P. 2017/2018 yang terdiri dari 36 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran CORE. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes dan observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data dan tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 5 siswa (13,89%) yang tuntas serta 31 siswa (86,11%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa (38,89%) yang tuntas, pada siklus II meningkat lagi menjadi 23 iswa (63,89%) yang tuntas dan pada siklus III meningkat menjadi 32 siswa (88,89%) yang tuntas. Hasil observasi pengolaan kelas mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh rata-rata 1,63 kategori cukup baik, siklus II memperoleh rata-rata 2,75 kategori baik, dan pada siklus III memperoleh rata-rata sebesar 3,71 kategori sangat baik. Hal ini merupakan bahwa belajar dengan menggunakan model pembelajaran CORE pada siswa SMP N 24 Medan T.P. 2017/2018 berhasil ditinjau dari ketuntasan belajar siswa dan aktivitas siswa. Berdasarkan data yang diperoleh maka didapat kesimpulannya yaitu model pembelajaran CORE dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII-C SMP N 24 Medan T.P. 2017/2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10200
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf822.45 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.