Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10199
Title: Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Penalaran Siswa SMK Negeri 4 Medan T.P 2017/2018
Authors: Darmawan, Dwiki
Keywords: Motivasi, sikap pendidik
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubngan yang signifikan dan besarnya pengaruh dari motivasi siswa,sikap pendidik,lingkungan dan media pembelajaran terhadap kemampuan penalaran siswa kelas XII TSM 2 SMK Negeri 4 Medan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII TSM 2 SMK Negeri 4 Medan yang berjumlah 25 siswa. Metode pengambilan data menggunakan kuisioner untukm variabel motivasi siswa,sikap pendidik,lingkungan dan media pembelajaran. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap kemampuan penalaran siswa kelas XII TSM SMK Negeri 4 Medan yang dibuktikan dengan nilai Commponent Matriks =0.643; (2) terdapat pengaruh yang signifikan sikap pendidik terhadap kemampuan penalaran siswa kelas XII TSM SMK Negeri 4 Medan yang dibuktikan dengan nilai Commponent Matriks a =0,844; (3) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan terhadap ke mampuan penalaran siswa kelas XII TSM SMK Negeri 4 Medan yang dibuktikan dengan nilai Commponent Matriks a =0,916;(4) terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap kemampuan penalaran siswa kelas XII TSM SMK Negeri 4 Medan yang dibuktikan dengan nilai Commponent Matriks a =0,692. Jadi, faktor yang memiliki pengaruh paling dominan adalah variabel lingkungan dikarenakan nilai component matriks a a lebih besar dibandingkan variabel yang lain.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10199
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf919.4 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.