Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10188
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAriani, Eka-
dc.date.accessioned2020-11-11T04:01:32Z-
dc.date.available2020-11-11T04:01:32Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10188-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan representasi matematika dikelas VIII-1 SMP Swasta Rakyat Sei Glugur yang belum tertangani dengan baik akibatnya kemampuan representasi matematika siswa rendah. Oleh karena itu guru harus menentukan pendekatan pembelajaran yang tepat sehingga dapat mempermudah siswa meningkatkan kemampuan representasi matematikanya. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah dengan mengimplementasikan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa melalui implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada materi Lingkaran di kelas VIII-1 SMP Swasta Rakyat Sei Glugur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Swasta Rakyat Sei Glugur T.P 2017/2018 yang berjumlah 25 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan representasi matematika siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual pada materi lingkaran.Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus 1 melalui pemberian tes kemampuan representasi matematika 1 diperoleh 13 siswa (52%) yang telah mencapai ketuntasan belajar (kategori kemampuan minimal sedang). Pada tindakan II mengalami peningkatan dimana untuk kemampuan representasi matematika II diperoleh 24 siswa (96%) telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya > 70). Berdasarkan uraian-uraian diatas disimpilkan bahwa penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa pada materi lingkaran dikelas VIII-1 SMP Swasta Rakyat Sei Glugur T.P 2017/2018en_US
dc.subjectPembelajaran Kontekstualen_US
dc.titleImplementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Swasta Rakyat Sei Glugur T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf2.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.