Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10186
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSari, Eka Puspita-
dc.date.accessioned2020-11-11T03:59:32Z-
dc.date.available2020-11-11T03:59:32Z-
dc.date.issued2018-02-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10186-
dc.description.abstractKemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan utama dalam pembelajaran matematika. Dari hasil wawancara dengan guru matematika MTs Negeri 3 Medan diperoleh kemempuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Salah satu model yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika adalaha model pembelajaran Means Ends Analysis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Means Ends Analysis dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan aritmetika sosial kelas VII-III MTs Negeri 3 Medan T.P 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIIIII MTs Negeri 3 Medan berjumlah 37 orang siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil penelitian tindakan kelas diperoleh hasil observasi aktivitas belajar siswa peningkatan yang signifikan yaitu dari pra siklus ke siklus I terjadi pada indikator teliti dalam membaca soal cerita, dari skor 91 ke 110, dari siklus I ke siklus II terjadi pada indikator mampu membuat kesimpulan hasil diskusi, dari skor 92 ke 110, dari siklus II ke siklus III terjadi pada indikator membuat catatan penting/menulis penjelasan guru dan hasil diskusi, dari skor 112 ke 126. Dari hasil analisis tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada pra siklus diperoleh 11 dari 40 siswa (29,73% ) yang mencapai ketuntasan, pada siklus I diperoleh 17 siswa (45,95% ) yang mencapai ketuntasan, pada siklus II diperoleh 27 siswa (72,97% ) yang mencapai ketuntasan, dan pada siklus III diperoleh sebanyak 32 siswa (86,50% ) yang mencapai ketuntasan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis pada pokok bahasan aritmetika social terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII-III di MTs Negeri 3 Medan T.P 2017/2018.en_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalah Matematikaen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di MTs Negeri 3 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi Eka Puspita Sari.pdf3.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.