Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10185
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNasution, Ismu Nanda-
dc.date.accessioned2020-11-11T03:59:16Z-
dc.date.available2020-11-11T03:59:16Z-
dc.date.issued2018-03-14-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10185-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis realistik pada materi lingkaran untuk SMP kelas VIII. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui langkah – langkah pengembangan serta keefektifan LKPD yang dihasilkan Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa LKPD matematika pada materi lingkaran untuk SMP kelas VIII dengan pendekatan Realistik. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan 4D, yaitu tahap define, design, develop dan disseminate. Akan tetapi tahap disseminate belum dilakukan karena terkendala waktu dan kemampuan peneliti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKPD untuk dosen ahli dan guru matematika untuk aspek kevalidan dan soal tes hasil belajar berupa 5 soal berbentuk uraian untuk aspek keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat valid dengan skor penilaian validator adalah 81,4 dan LKPD memenuhi kriteria sangat valid dengan skor penilaian validator 84,2. Sementara itu, untuk aspek keefektifan berdasarkan persentase ketuntasan belajar adalah 75%, sehingga produk yang dihasilkan efektif digunakan.en_US
dc.subjectRPPen_US
dc.subjectLKPDen_US
dc.subjectPengembangan,en_US
dc.subjectPendekatan realistik, lingkaran.en_US
dc.titlePengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistik Pada Siswa SMP Al-hidayah Medan T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi.pdf5.86 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.