Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10178
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSari, Intan Permata-
dc.date.accessioned2020-11-11T03:53:51Z-
dc.date.available2020-11-11T03:53:51Z-
dc.date.issued2018-03-19-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10178-
dc.description.abstractAdapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada pokok bahasan Teorema phytagoras semester genap dikelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis khususnya pemahaman konsep pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 medan.subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 7 medan yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization. Teknik pengumpuylan data adalah melalui tes dan observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas melalui dua siklus pembelajaran dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan menggunakan model tipe Team Assisted Individualization ada peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 medan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan,dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan pemahaman Konsep matematis siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan Teorema Phytagoras siswa kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 7 Medan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I sampai dengan siklus II yang mengalami peningkaan hingga mencapai indikator keberhasilan. Pada siklus I nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa sebesar 70,40 dan meningkat pada siklus II sebesar 81,80. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 7 medan T.P 2017/2018en_US
dc.subjectTeam assisted individualization (TAI)en_US
dc.subjectPemahaman matematisen_US
dc.titlePenerapan Model Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa di SMP Muhammadiyah 7 Medan T.P 2017/2018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf832.76 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.