Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10176
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFebiansyah, Febri-
dc.date.accessioned2020-11-11T03:50:41Z-
dc.date.available2020-11-11T03:50:41Z-
dc.date.issued2019-10-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10176-
dc.description.abstractMatematika merupakan materi yang manfaatnya dapat kita rasakan pada kehidupan sehari – hari, seperti materi SPLDV yang tanpa kita sadari ada dalam kehidupan kita, namun ketika peneliti dalam proses magang 3 disekolah SMP Muhammadiyah 49 Medan tepatnya dikelas VIII, masih ada sebagian siswa yang merasa kesulitan atau kurang paham pada materi SPLDV, terkhusu pada soal cerita SPLDV. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini ialah 1. Apa saja faktor yang menyebabkan kesulitan dalam mengerjakan soal cerita SPLDV? 2. Bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi faktor penyebab kesulitan dalam mengerjakan soal cerita SPLDV?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada materi SPLDV terkhusus soal cerita, kemuadian mencari solusi untuk mengantisipasi faktor penyebab kesulitan tersebut.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan populasinya kelas VIII sebanyak 25 siswa, dan sampelnya sebanyak 7 siswa yang terindikasi nilai ulangan dibawah KKM setelah mendapat informasi nilai siswa dari guru yang mengajar materi SPLDV. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui selebaran angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu persentase angket faktor internal dan eksternal meliputi (minat 23%, motivasi 27%, konsentrasi 37%, kebiasaan belajar 17%, inteligen 11%, lingkungan keluarga 37%, lingkungan sekolah 43%, dan teman sebaya 11%). Hasil wawancara yakni faktor internal dan eksternal.Upaya untuk mengantisipasinya yaitu bagi guru, dalam mengajar menggunakan varian dalam mengajar, menggunakan media yang menarik, dan selalu membahas soal – soal supaya memacu motivasi siswa untuk lebih mudah dalam memahami materi, dan bagi murid, mindset yang dibangun selama ini harus dirubah dan ini juga harus ada batuan dari guru dan palaing penting kerjasama yang baik atara guru dan murid harus terjalin.en_US
dc.subjectKesulitan Belajaren_US
dc.subjectSoal Ceritaen_US
dc.subjectPersamaan Linear Dua Variabelen_US
dc.titleAnalisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Soal Cerita SPLDV Kelas VIII Siswa SMP Muhammadiyah 49 Medan T.P 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI FEBRI FEBIANSYAH.pdf4.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.