Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10165
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNovrida, Emmy-
dc.date.accessioned2020-11-11T03:39:39Z-
dc.date.available2020-11-11T03:39:39Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10165-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran berbasis intuisi terhadap berpikir kreatif dalam pemecahan masalah pada siswa MTs Negeri 2 Medan yang disertakan dengan langkah-langkah pendekatan open ended yang valid, praktis, ddan efektif. Penelitian ini mengembangkan model pembelajaran berbasis intuisi pada siswa MTs kelas VIII semester 2. Model pembelajaran terdiri atas sintak, system social, prinsip reaksi, dan dampak instruksional dan pengiring. Perangkat pendukung pembelajaran terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), dan tes hasil belajar (THB). Pengembangan model pembelajaran dimulai dari (a) tahap pendefinisian (define), (b) tahap perancangan (design), (c) tahap pengembangan (develop) yang mencakup tahap ujicoba untuk menentukan penilaian kepraktisan dan keefektifan model pembelajaran berbasis intuisi yang dikembangkan. Aspek kualitas produk mengacu pada kualitas produk pengembangan menurut Thiagarajan yang terdiri dari tiga aspek, yaitu valid, praktis, dan efektif. Subjek uji coba ini dilakukan oleh kelompok kecil yang terdiri atas 10 siswa dan seorang guru MTs Negeri 2 Medan. Instumen pada penelitian ini terdiri atas; (1) instrumen kevalidan yang terdiri atas lembar penilaian Komponen Model Pembelajaran Berbasis Intuisi dan Perangkat Pendukung Pembelajaran; (2) instrumen kepraktisan yang terdiri atas anket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; (3) instrumen keefektifan yang terdiri atas tes hasil belajar terhadap pembelajaran berbasis intuisi.Hasil validasi menunjukkan model pembelajaran yang mencakukp sintak, sistem sosial, prinsip reaksi, dan dampak instruksional dan pengiring layak digunakan dengan kategori sangat valid. Hasil ujicoba menunjukkan tingkat kepraktisan dari penilaian guru pada seluruh pertemuan secara rata-rata memenuhi kriteria sangat praktis. Selain itu tingkat kepraktisan berdasarkan penilaian siswa juga ditunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis intuisi telah memenuhi kriteria sangat praktis. Keefektifan model pembelajaran berbasis intuisi berdasarkan hasil THB telah memenuhi kriteria efektif.en_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectModel pembelajaranen_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran Berbasis Intuisi terhadap Berpikir Kreatif dalam Pemecahan Masalah pada MTs Negeri 2 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf2.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.