Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10162
Title: Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization Pada Siswa SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017
Authors: Ningsih, Irma Septia
Keywords: Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika;Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization
Issue Date: 18-Oct-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualizatin dapat meningkatka kreativitas belajar matematika siswa kelas VII-A SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang di gunakan tes tertulis dalam bentuk Essay tes sebanyak 5 tes yang terdiri dari 5 butir soal Siklus I, 5 butir untuk soal Siklus II, dan 5 butir soal Siklus III. Sementara observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII-I SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 siswa yaitu 21 siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembalajar Team Assised Individualization dapat meningkatkan kreativitas belajar matematika pada siswa kela VII-A SMP Asuhan Jaya Medan materi Himpunan. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan kreativitas belajar yaitu tingkat ketuntasan dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization pada siklus I mencapai 58,33% (21 siswa) yang kreatif dalam pembelajaran dengan rata-rata minatnya 1 kategori kurang, pada siklus II sedikit meningkat jadi 69,44% (21 siswa) yang kreatif dengan rata-rata dengan 2 katagori cukup, dan pada siklus III minatnya menjadi 94,44% (34 siswa) yang kreatif, dengan rata-rata 4 katagori sangat kreatif. Dimana pada siklus I terdapat 65,97% (15 Siswa) yang tidak kreatif, pada siklus II terdapat 83,19% (11 siswa) yang tidak kreatif, dan pada siklus III hanya terdapat 93,33% (2 siswa) yang tidak kreatif belajar. Terbukti dari hasil penilitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas belajar matematika siswa VII-1 SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10162
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf1.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.