Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10159
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIrmalawati-
dc.date.accessioned2020-11-11T03:29:28Z-
dc.date.available2020-11-11T03:29:28Z-
dc.date.issued2018-03-18-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10159-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah model pembelajaran Problem Solving efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018 ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Solving efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen yang betul-betul (true experimental) dengan desain penelitian pretestposttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas VII C yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dengan bentuk tes uraian dan lembar observasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata nilai pretest kelas ekperimen adalah 44,35 dan nilai posttest kelas eksperimen adalah 87,36 sedangkan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 43,72 dan nilai posttest kelas kontrol adalah 80,72. Hasil uji hipotesis posttest menggunakan uji-t diperoleh harga thitung = 2,683 dan ttabel = 2,0063 dengan taraf signifikan α = 0,05 serta dk = n1 + n2 – 2 = 29 + 27 – 2 = 54. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari hasil uji gain diperoleh nilai indeks gain kelas eksperimen lebih besar dari nilai indeks gain kelas kontrol yaitu 0,78 > 0,66 atau peningkatannya 78% > 66%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Solving efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018.en_US
dc.subjectEfektifitasen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Solvingen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritis Matematikaen_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 8 Medan T.P 2017/2018.en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf346.34 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.