Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10157
Title: Pengaruh model cooperative script terhadap kemampuan membaca puisi oleh siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia
Authors: Alim, Muhammad Sahirul
Keywords: Model Cooperative Script;Kemampuan Membaca Puisi
Issue Date: 5-Apr-2018
Abstract: Masalah penelitian ini adalah siswa tidak mampu membaca puisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Cooperative Script Kemampuan Membaca Puisi Oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2017 – 2018. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia tahun pembelajaran 2017 – 2018 berjumlah 210 siswa terdiri dari 5 kelas menjadi sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, kelas yang terpilih menjadi dua sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 43 siswa dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol berjumlah 41 siswa, jumlah keseluruhan siswa yaitu 84 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control design dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes membaca puisi. Diketahui kemampuan membaca puisi sesudah menggunakan model Cooperative Script adalah baik sekali atau 83,5 kategori baik sekali dan kemampuan membaca puisi menggunakan Metode Ceramah adalah baik atau 64.2 kategori cukup. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 24,3 > 3,19 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Cooperative Script terhadap kemampuan Membaca pUisi Oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2017 – 2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10157
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUHAMMAD SAHIRUL ALIM.pdf7.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.