Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10153
Title: Pengaruh strategi LIPIRTUP (lihat, pilih, renungkan, tuangkan dan publikasi) terhadap kemampuan menulis cerita fantasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 29 Medan tahun pembelajaran 2017-2018
Authors: Putri, Muthia Sari
Keywords: Strategi LIPIRTUP;kemampuan menulis cerita fantasi
Issue Date: 5-Apr-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh strategi LIPIRTUP (Lihat, Pilih, Renungkan, Tuangkan dan Publikasi) terhadap kemampuan menulis cerita fantasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 29 Medan Tahun Pembelajaran 2017- 2018. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre-experimental design jenis one- group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas VII-8 yang berjumlah sebanyak 35 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni tes menulis cerita fantasi .Teknik analisis data menggunakan uji paired t-test. Nilai berdasarkan perhitungan mean sebelum menggunakan strategi lipirtup berada pada kategori kurang mampu dalam menulis cerita fantasi dengan nilai 48,14 dengan standar deviasi 2,52. Sedangkan nilai berdasarkan perhitungan mean sesudah menggunakan strategi lipirtup berada pada kategori baik sekali dengan nilai 82,00 dengan standar deviasi 4,28. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan pengaruh strategi LIPIRTUP (Lihat, Pilih, Renungkan, Tuangkan dan Publikasi) terhadap kemampuan menulis cerita fantasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 29 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung yang lebih besar dari ttabel ( 91,77 > 1,690 ).
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10153
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUTHIA SARI PUTRI.pdf1.09 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.