Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10148
Title: Penerapan Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P 2017/2018
Authors: Hidayati., Indriani
Keywords: Model Pembelajaran, DMR,;Pemecahan Masalah
Issue Date: 18-Mar-2018
Abstract: Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui apakah penerapam model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018 yang terdiri dari 30 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR). Teknik pengumpulan data adalah melalui tes dan observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 4 siswa (13,33%) yang tuntas serta 26 siswa (86,67%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa (43,33%) yang tuntas, pada siklus II meningkat lagi menjadi 20 siswa (66,67%) yang tuntas dan pada siklus III meningkat menjadi 27 siswa (90,00%) yang tuntas. Hasil observasi pengolahan kelas mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh rata-rata 1,63 kategori cukup baik, siklus II memperoleh rata-rata 2,75 kategori baik, dan pada siklus III memperoleh rata-rata sebesar 3,71 kategori sangat baik. Hal ini merupakan bahwa belajar dengan menggunakan model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) pada siswa SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018 berhasil ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa dan aktivitas siswa. Berdasarkan data yang diperoleh maka didapat kesimpulannya yaitu model pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10148
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf844.69 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.