Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10127
Title: Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Tahun Pelajaran 2017/2018
Authors: Hasanah, Aldina
Keywords: Penerapan;Model Pembelajaran learning Cycle
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas VII SMP Nurul Islam Indonesia T.P 2017 / 2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK ). Subjek dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas VII SMP Nurul Islam Indonesia dan objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan minat dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Nurul Islam Indonesia.Instrument yang digunakan untuk memperoleh data adalah angket, tes dan lembar observasi. Angket digunakan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa, tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan aritmatika sosial, dan lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran ketika model pembelajaran learning cycle diterapkan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK ) yang terdiri atas 3 siklus, masing-masing terdiri dari 3 kali pertemuan. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan model pembelajaran learning cycle menunjukkan banyak nya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 25 dari 40 siswa atau 62,5% dengan rata-rata kelas 73,43 dan rata-rata minat belajar siswa adalah 69,84. Hasil analisis data siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh 32 dari 40 siswa atau 80% dengan rata-rata kelas 77,2 dan rata-rata minat belajar siswa adalah 74,43. Hasil analisis data akhir siklus III dengan pembelajaran yang sama diperoleh 36 dari 40 siswa atau 90% dengan rata-rata kelas 86,94 dan rata-rata minat belajar siswa adalah 80,84. Ini berarti terjadi peningktan hasil belajar siswa dari siklus I, siklus II hingga siklus III. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai taerget ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran learning cycle di kelas VII SMP Nurul Islam Indonesia meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapa menerapkan model pembelajaran learning cycle sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan berpikir kreatif siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10127
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf2.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.