Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10120
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSaragih, Amaliyah Marisda-
dc.date.accessioned2020-11-11T02:57:02Z-
dc.date.available2020-11-11T02:57:02Z-
dc.date.issued2018-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10120-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Brainstorming efektif terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP Swasta gajah Mada Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 64 siswa. Adapun sampel dalam penelitian adalah kelas VIII-A berjumlah 32 siswa sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII-B berjumlah 32 siswa sebagai kelas Kontrol. Untuk kelas eksperimen pembelajaran dengan menggunakan model Brainstorming sedangkan kelas kontrol pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan berbentuk tes soal dengan menggunakan kelas VIII-A sebagai uji isntrumen. Berdasarkan analisis data dalam diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Brainstorming dengan model Konvensional dilihat berdasarkan uji gain ternomalisasi pada kelas eksperimen sebesar 85% tergolong Tinggi dan kelas kontrol sebesar 61% tergolong sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Brainstorming Efektif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Swasta Gajah Mada Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.en_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectModel Brainstormingen_US
dc.titleEfektivitas Penggunaan Model Brainstorming Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Swasta Gajah Mada Medan Tahun Pelajaran 2017/2018,en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI.pdf2.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.