Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10114
Title: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Lasswel Communication. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Authors: Shofa, Amelia
Keywords: Model Lasswel Communication;Hasil belajar matematika
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Komunikasi dalam pembelajaran merupakan landasan penting dalam proses pembelajaran. Guru harus pandai memilih model pembelajaran yang paling tepat untuk diterapkan, dengan tujuan agar hasil belajar siswa dapat mencapai hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan Model Lasswel Communication di kelas VII SMP IT Al – Manah Mamiregi. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP IT Al Manah Mamiregi. Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 14 perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan Model Lasswel Communication untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal dan kesulitan siswa. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa masih memiliki hasil yang masih rendah, terdapat 23 dari 32 siswa belum mencapai ketuntasan belajar dengan skor rata-rata kelas 13,63 dan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal 33,33%. Selanjutnya pada pelaksanaan siklus I dengan menggunakan Model Lasswel Communication, tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 53,13% atau ada 17 siswa yang tuntas belajar secara individu dengan skor rata-rata kelas 16,28. Kemudian pada pelaksanan tindakan siklus II dengan menggunakan Model Lasswel Communication, tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal tercapai dengan skor rata-rata kelas 17,88 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sebanyak 26 orang atau 81,25% dari 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Lasswel Communication di SMP IT Al Manah Mamiregi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10114
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AMELIA SHOFA.pdf4.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.